Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Merebus Sayuran Agar Tidak Lembek Dan Tetap Hijau

tips merebus sayur agar tetap hijau
Foto: Istock.com

Sayur- mayur adalah salah satu makanan yang sangat bergizi dan berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Tetapi cara memasak sayur yang salah dapat membuat kandungan nutrisi di dalamnya jadi berkurang atau bahkan hilang sama sekali. 

Memang sayuran sangat baik untuk kesehatan seperti yang sering di sampaikan oleh ahli gizi dalam seminar maupun ketika memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Walaupun demikian, tidak semua ibu rumah tangga dapat mengolah sayur dengan baik sehingga hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Misalnya terlalu matang sehingga sayuran menjadi lembek dan layu atau sebaliknya kurang matang sehingga sayuran masih terasa keras dan kurang sedap saat di sajikan di meja makan.

Nah bagi bunda dirumah, agar hal seperti ini tidak terjadi ternyata ada tips sederhana untuk merebus sayuran agar tidak lembek, layu sehingga tetap segar dan hijau. 

Bagi bunda yang telah mengetahui cara ini bisa menshare ke teman-teman yang lain agar mendapatkan pengetahuan yang baru, tetapi apabila bunda belum mengetahui metode ini anggap saja sebagai ilmu baru untuk menambah khasanah keilmuan dalam kehidupan berumah tangga.

Untuk memperoleh hasil sayuran tetap segar dan hujau ternyata caranya cukup sederhana dan sangat mudah. Berikut caranya bunda agar hasilnya maksimal.

tips merebus sayur agar tetap hijau
Foto: Istock.com

Tips Cara Merebus Sayuran Agar Tidak Lembek Dan Tetap Hijau

1. Cuci bersih lalu potong sayuran sesuai keinginan.

2. Didihkan air dan tambahkan sedikit garam.

3. Masukkan sayuran kedalam air mendidih selama kurang lebih semenit saja supaya gizinya tetap terjaga.

4.Setelah itu angkat dan masukkan sayur kedalam air es.

5. Rendam sebentar dan tiriskan.

Dengan cara ini sayuaran yang bunda masak akan tetap terlihat hijau segar dan tampak tidak layu serta tidak lembek, sehingga dapat menambah selera makan keluarga dirumah.

Sebetulnya memasak sayuran dengan cara merebus sangat tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran tersebut.

Selain itu hindari pula merebus sayuran ketika air belum mendidih karena dapat mengurangi kadar vitamin dalam sayuran tersebut.

Tetapi, jika memang harus menggunakan metode ini cara di atas bisa bunda lakukan supaya memperoleh sayuran tetap sedap di pandang mata.

Itulah tips cara merebus sayuran agar tetap hijau dan tidak lembek yang dapat bunda praktekkan dirumah, semoga artikel pada kesempatan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi bunda semuanya.

Terima kasih dan selamat mencoba...