Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Singkong Yang Empuk Dan Mudah Merekah

cara milih singkong
Foto:jurnal.inagri.
Singkong adalah tanaman khas negeri sendiri yang rasanya enak, empuk dan mengenyangkan, singkong merupakan salah satu jenis umbi umbian yang tumbuh subur di tanah ladang atau kebun.

Makanan ini paling cocok kalau di konsumsi dalam kondisi hangat, apalagi pas hujan rintik-rintik membuat lidah semakin lahap menikmati makanan yang satu ini, di pasar tradisional pun singkong dapat dengan mudah di temukan.

Selain itu pun harganya sangat terjangkau sehingga tidak membuat kantong jebol, singkong pun dapat
di olah menjadi berbagai jenis macam camilan.

Singkong juga dapat di olah dengan cara yang sederhana seperti di rebus, di goreng, serta di olah menjadi olahan tradisional lainnya, singkong dapat di olah di jadikan tape yang rasa nya juga tidak kalah lezatnya,

Ketika membeli pilihlah singkong dengan usia yang cukup ketika di panen, ciri sederhananya kulitnya yang masih segar, apabila menemukan singkong dengan ciri seperti ini langsung beli saja karena ini menandakan kalau singkong baru saja di panen dari ladang atau kebun, apabila di olah singkong jenis ini dapat di pastikan rasanya enak,empuk,dan merekah

Walaupun singkong sangat mudah di temui di pasar tetapi anda harus pandai dalam memilih agar tidak mendapatkan singkong yang keras, langu,dan tidak empuk ketika di olah.

Walaupun kelihatan sederhana dalam memilih singkong ternyata ada ciri-ciri untuk membedakan singkong yang empuk dengan yang keras, hal ini penting agar anda tidak kecewa setelah membeli singkong di pasar.

Untuk mengetahui bagaimana ciri singkong yang enak dan empuk, baca artikel ini sampai selesai, tips sederhana ini sangat mudah namun tidak semua orang mengetahuinya.

cara milih singkong
Foto:jurnal.inagri.
Berikut Ciri Ciri Singkong Yang Enak Dan Empuk

1. Pilih Singkong Yang Baru Di Cabut

Langkah pertama ketika membeli singkong adalah pilihlah yang masih baru di cabut, ciri nya adalah masih ada tanah yang menempel di singkong tapi tanah itu masih basah.

Selain itu pilih lah yang kulit nya masih segar, kulit yang masih segar menandakan bahwa singkong tersebut baru saja di panen dari ladang, singkong seperti ini ketika di olah hasil nya empuk, merekah dan lumer di mulut dan rasanya sangat lezat.

2. Pilih Singkong Yang Kulit Luarnya Mengelupas

Langkah kedua saat memilih singkong adalah pilihlah singkong yang kulit luar nya mengelupas, ini menandakan bahwa singkong telah cukup tua ketika di panen,sehingga apabila di olah rasanya enak empuk dan merekah.

Agar tidak kecewa hindari memilih singkong dengan kulit yang masih mulus, tanda seperti ini menandakan usia singkong ketika di panen masih muda dan belum cukup tua, singkong seperti ini apabila di olah hasilnya akan keras.
    
3. Pilih Kulit Ari Warna Merah Muda

Langkah ketiga adalah pilihlah singkong dengan kulit ari warna merah muda, tanda seperti ini menandakan singkong tersebut bermutu tinggi.

Sehingga ketika di olah akan menghasilkan rasa yang empuk dan merekah, selain itu ciri seperti ini membuat anda lebih mudah saat mengupas kulit singkong.  

4. Pilihlah Yang Mudah Patah Saat Di Pegang

Langkah keempat adalah pilihlah singkong yang mudah patah saat di pegang, ciri seperti ini menandakan singkong masih segar dan baru saja di panen.

Apabila di olah akan menghasilkan hasil yang empuk dan lezat, cara nya pegang singkong lalu patahkan, jika mudah patah kamu dapat memilih singkong tersebut.   

5. Jangan Pilih Singkong Yang Kulitnya Kering

Langkah terakhir dalam membeli singkong adalah menghindari memilih singkong yang kulitnya sudah kering dan mengeras, singkong seperti ini menandakan telah lama di panen dan tidak laku. 

Sehingga kulitnya mengering dan mengeras, jika di olah singkong seperti ini rasanya tidak seenak dan seempuk singkong yang masih baru,selain itu singkong jenis ini biasanya juga tidak dapat merekah.

Itulah tips memilih singkong yang enak dan empuk dan merekah, yang dapat anda lakukan saat membeli singkong di pasar agar menghindarkan mendapat singkong yang keras, tidak empuk serta tidak merekah.

Selamat Mencob.